Flores: cermin Dasar kebhinekaan dan Ideologi PANCASILA



Kata Flores berasal Dari bahasa Portugis Yang Berarti "bunga". Pulau Flores berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Hati Pulau Flores termasuk gugusan Kepulauan Sunda Kecil Bersama Bali dan NTB, DENGAN Luas Wilayah Sekitar 14,300 km². Puncak tertinggi Adalah Gunung Ranakah (2350m) Yang merupakan gunung tertinggi kedua di Nusa Tenggara Timur, Sesudah Gunung Mutis, 2427m di Timor Barat. Pulau Flores Bersama Pulau Timor, Pulau Sumba Dan Kepulauan Alor merupakan empat dalam hearts hati Pulau Besar di Provinsi NTT Yang merupakan salat Satu provinsi kepulauan di Indonesia DENGAN 566 pulau. 

Flores, dengan Sumber Daya Baik alam maupun Manusia Yang dinilai Cukup memadai, kini Tengah mempersiapkan Diri Menjadi sebuah provinsi baru pemekaran di NTT. di Ujung barat Dan timur Pulau Flores ADA beberapa gugusan pulau Kecil. di Sebelah timur ADA gugusan Pulau Lembata, Adonara Dan Solor, sedangkan di Sebelah barat ADA gugusan Pulau Komodo Dan Rinca. Sebelah barat pulau Flores, Penghasilan kena Pajak gugusan pulau-pulau Kecil tersebut, Terdapat pulau Sumbawa (NTB), sedangkan di Sebelah timur Penghasilan kena Pajak gugusan pulau-pulau Kecil tersebut, Terdapat kepulauan Alor. di Sebelah Tenggara Terdapat pulau Timor. di Sebelah barat Daya Terdapat pulau Sumba, di Sebelah Selatan Terdapat laut Sawu, Sebelah utara, di Seberang Laut Flores Terdapat Sulawesi.


Suku bangsa Flores Adalah percampuran Etnis ANTARA Melayu, Melanesia, Dan Portugis. Dikarenakan PERNAH Menjadi Koloni Portugis, Maka Interaksi DENGAN Kebudayaan Sangat Tinggi Serta beraneka ragam. Terdapat Beragam agama Yang Terdapat Disana. Meski demikian '' masyarakat Flores Sangat Ramah DENGAN Tingkat Toleransi Yang Sangat Tinggi.


Flores memiliki Satu Dari sekian satwa langka Dan dilindungi di Dunia yakni Varanus komodoensis ata lebi dikenal dengan Biawak Raksasa atau "KOMODO". Raptil langkah ini Hidup di Pulau Komodo Dan Pulau Rinca, kedua Pulau ini berada di Kabupaten Manggarai Barat, Flores Barat. hati Selain Pulau Komodo Dan Pulau Rinca Yang termasuk Kawasan Taman Nasional Komodo, Flores juga memiliki Satu Tempat wisata Nasional Lagi Yang terletak di Kabupaten Ende, yakni Tempat wisata Nasional Kelimutu. Daya tarik Utama Taman Kelimutu Adalah Danau Tiga Warna-nya Yang Selalu Berubah warna airnya. Akan tetapi Sesungguhnya dari awal Kawasan Tempat wisata Kelimutu Tumbuh Dan Berkembang secara Alami. Namun dengan adanya perkembangan pesat yang menghasilkan begitu banak pengunjung domestik maupun manca negara; Oleh karena itu Awal tahun 2007, pihak Pengelolah Tempat wisata Nasional Kelimutu Mulai mengadakan identifikasi Terhadap Kekayaan hayati yang terdapat di Kelimutu untuk kemudian dikembangkan Menjadi Kebun Raya Kelimutu. Jadi, Nantinya para wisatawan Yang Datang Ke Kawasan Wisata Alam Kelimutu, selain bisa Menikmati Keajaiban Danau Tiga Warna, juga bisa mengamati Keanekaragaman Hayati hati Kebun Raya Kelimutu.

Di Mataloko, Kabupaten Ngada Terdapat Sumber Panas bumi Yang sebelumnya adalah teempat wisata lokal, sedang dikembangkan Menjadi Sumber Listrik. Di Soa, Sebelah timur kota Bajawa, ibu kota kabupaten Ngada Terdapat Tempat Pemandian Air Panas Alami. Banyak Turis Asing Yang Datang Ke sana. Menurut banyak cerita para pengunjung, air panas ini mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Di Riung, Utara kabupaten Ngada, Terdapat taman laut 17 Pulau Yang seindah Taman laut Bunaken di Manado. Yang unik Dari taman laut Penyanyi Adalah Terdapat SEBUAH pulau Yang Bernama pulau Kelelawar Yang Menjadi Tempat Tinggal RIBUAN Kelelawar.

Bergeser ke daerah Sikka, para wisatawan akan menjumpai banyak tempat wisata yang bisa melepaskan penatnya. Sebagian tempat wisata di Sikka merupakan area wisata Rohani seperti: Patung Bunda Maria Nilo, Gereja Tua Sikka, Museum Bikon Blewut.
Selain itu sebuah wisata bahari yang menyuguhkan keindahan alam bawah laut bagi penggemar diving adalah "Teluk Maumere". 

Menuju ke Kota Wisata Rohani atau Kota Renya. Sebuah daerah ujung timur pullau Flores dengan topografi yang tidak jauh berbeda dengan daerah lainnya di Flores. Kita pasti tahu Abdur, sang komedian sohor. Dia adalah Putera asli Kota Renya atau Kota Larantuka. Setiap tahun ada sebuah ritual wisata rohani yang selalu diselenggarakan yaitu "Ziarah Jumad Agung". Berjuta umat hadir setiap tahun di acara ini. Hening dan Hikmat melanda kota Renya bila Ziarah diadakan.

Masih Terdapat Banyak HAL Yang Sungguh menakjubkan Terdapat di Pulau Flores. Datang Dan Rasakan Keindahan Hidup '' masyarakat Flores.

Comments