Buku: Komunikasi dalam Keperawatan Komprehensif

BAB I

KONSEP DASAR KOMUNIKASI DAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM 
KEPERAWATAN
Tri Anjaswarni, S.Kp.,M.Kep.



PENDAHULUAN






Komunikasi adalah bagian yang penting dalam kehidupan dan menyatu dengan kehidupan kita. Setiap saat, manusia selalu berkomunikasi dan menggunakannya dalam berinteraksi dengan manusia lain. Kata-kata yang diucapkan seseorang adalah komunikasi, diamnya seseorang adalah komunikasi, tertawanya seseorang adalah komunikasi, dan menangisnya seseorang adalah komunikasi. Dengan berkomunikasi, kehidupan kita akan interaktif dan menjadi lebih dinamis.

Komunikasi dalam aktivitas keperawatan adalah hal yang paling mendasar dan menjadi alat kerja utama bagi setiap perawat untuk memberikan pelayanan/asuhan keperawatan karena perawat secara terus-menerus selama 24 jam bersama pasien.

Dalam setiap aktivitasnya, perawat menggunakan komunikasi. Pengetahuan tentang komunikasi dan komunikasi terapeutik sangat penting terkait dengan tugas-tugas Anda dalam melakukan asuhan keperawatan dan dalam melakukan hubungan profesional dengan tim kesehatan lainnya. Sebagai calon perawat ahli madya, keterampilan dasar yang penting harus Anda kuasai adalah komunikasi. Penguasaan tentang komunikasi terapeutik dalam praktik keperawatan akan memungkinkan Anda melaksanakan praktik keperawatan secara berkualitas.

Setelah mempelajari Bab 1 ini, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian, tujuan, model, bentuk-bentuk, elemen, proses, dan faktor-faktor yang memengaruhi komunikasi dan tingkatan komunikasi; menjelaskan definisi, tujuan, dan kegunaan komunikasi terapeutik, komunikasi sebagai elemen terapi, perbedaan komunikasi terapeutik dan komunikasi sosial, faktor-faktor yang memengaruhi komunikasi terapeutik, penggunaan diri secara terapeutik dan menganalisis diri; menganalisis masalah untuk menentukan sikap terapeutik perawat dalam komunikasi, teknik-teknik, dan fase-fase; serta menjelaskan hambatan komunikasi terapeutik.

Bab 1 yang berjudul Konsep Dasar Komunikasi dan Komunikasi Terapeutik dalam Keperawatan yang sedang Anda pelajari ini dikemas dalam tiga topik yang disusun dengan urutan sebagai berikut.
  1. Topik 1: Konsep Dasar KomunikasiTopik
  2. Dasar-dasar Komunikasi Terapeutik dalam Keperawatan
  3. Topik 3: Komunikasi dan Hubungan Terapeutik dalam Keperawatan
Dapatkan Buku lengkap dengan Download di Bawah ini:


Comments

Post a Comment