Pengalaman pertama mengikuti Ritual Gawai yang sangat berkesan

Inilah kisahku dari pedalaman Kalimantan yang sulit dilupakan.

Sebagian dari pembaca pasti pernah mendengarkan Ritual Gawai.

Gawai dalam bahasa masyarakat Dayak di Kalimantan Barat bermakna hajatan pesta. Gawai Dayak dalam bentuk modern kini menjadi atraksi wisata, berpotensi mendatangkan turis dari negara tetangga.

Gawai Dayak dalam arti tradisional adalah perayaan syukuran kepada Yang Maha Kuasa atas panen yang melimpah. Pada perkembangannya, acara ini juga diadakan di pelosok kabupaten, tak terkecuali di daerah perbatasan misalnya Kabupaten Sintang dan Kabupaten Sanggau.

Sebuah keistimewaan tersendiri bagi saya ketika mendapat undangan untuk mengikuti acara tersebut. Penyambutan yang sangat meriah ketika setiap tamu datang; tanpa terkecuali saya dan teman-teman lainnya. Bahkan mereka mempersilahkan kita untuk masuk rumah diiringi dengan Tari-tarian khas dayak. 

Beraneka ragam makanan yang siap dihidangkan; dari nasi merah, ayam kampung yang di campuri arak atau biasa disebut kacang mah, nasi lemang(beras merah yg dimasukan ke dalam bambu)disediakan disetiap rumah warga. Hal aneh yang saya alami adalah pertama kali kita akan ditawari bukan   nasi atau kopi dan sebgainya, akan tetapi "tajo" (moke putih).  Ketika disuguhi, kita diwajibkan untuk harus minum dan tidak boleh menolaknya.  

Karena penasaran, saya pun bertanya kepada warga di situ.  "Gimana kalau tamu yang datang seperti kami adalah yang bukan peminum?"  Dan jawaban mereka yang sangat menantang dan mencengangkan "apapun alasannya semua harus minum!". Dalam hati kecil saya bertanya: "gimana bila setiap rumah yang akan kami datangi mewajibkan hal ini?"

Ketika kami keluar dari rumah tersebut masih banyak rumah yang harus kita kunjungi dan itu wajib. Dan pertanyaan saya itupun ternyata benar; karena setiap rumah mewajibkan kita untuk minum "Tajo". 

Setelah semua rumah kita kunjungi, kitapun akan merasa pusing dan sebagainya. Dan di saat itulah mereka mendokan kita agar kita selamat dari smua cobaan dan malapetaka.

Salam 
Dari Borneo: Dion Mbawo Sek.



Lisensi Creative Commons
Pengalaman pertama mengikuti Ritual Gawai yang sangat berkesan oleh Dionisius Mbawo, S.Pd disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://floresnusaku.blogspot.com/.

Comments