Giani: bersyukur karena bisa melayani Paus dengan kehormatan sampai akhir

Dalam sebuah wawancara dengan Vatikan News, Komandan Gendarmerie, Domenico Giani, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Paus atas layanan yang telah dapat ia lakukan di Vatikan. 

Paus Fransiskus bersama Domenico Giani

Sebuah momen sulit dari ujian pribadi yang hebat tetapi hidup dalam hati dengan ketenangan, didorong oleh kepercayaan dan dukungan dari Bapa Suci, rumah tangga kepausan dan banyak kolaborator dan orang-orang yang dalam berbagai cara dalam beberapa tahun terakhir telah mengenalnya dan telah menghargai kualitas manusiawi dan profesionalnya. Inilah yang disampaikan Domenico Giani, Komandan Korps Gendarmerie Vatikan, dalam sebuah wawancara dengan media Vatikan, mengungkapkan perasaannya yang dengannya dia meninggalkan layanannya, menggarisbawahi rasa terima kasihnya kepada Paus yang mengakui kehormatan, kesetiaan dan kesetiaan yang dengannya dia melakukan pekerjaannya sehari-hari.

Setelah 20 tahun melayani Paus dan Tahta Suci di kepala Korps Gendarmerie Vatikan, Anda pergi pada saat yang sulit dan tentu saja bukan saat yang mudah bagi Anda. Apa perasaanmu?

Saya menjalani saat yang sulit ini dengan ketenangan batin. Sebagai orang yang mengenal saya, telah menandai gaya hidup saya bahkan dalam menghadapi peristiwa yang menyakitkan. Saya telah mendedikasikan 38 tahun hidup saya untuk pelayanan lembaga, pertama di Italia, dan kemudian selama 20 tahun di Vatikan, untuk Paus Roma. Dalam tahun-tahun ini saya telah menghabiskan seluruh energi saya untuk memastikan layanan yang telah dipercayakan kepada saya. Saya mencoba melakukannya dengan penyangkalan diri dan profesionalisme tetapi merasa tenang seperti "hamba yang tidak berguna" yang telah melakukan bagian kecilnya sampai akhir, seperti yang diingatkan oleh Injil dua hari Minggu lalu kepada kita. 

Juru bicara Kantor Pers menekankan bahwa Anda telah mengundurkan diri meskipun Anda "tidak memikul tanggung jawab lagi" bagaiman dengan masalah ini.

Peristiwa baru-baru ini telah menyebabkan kesedihan besar Bapa Suci dan ini sangat mempengaruhi saya. Sudah 15 hari sejak publikasi dokumen, yang telah diajukan untuk penggunaan internal secara eksklusif untuk Gendarmes dan Garda Swiss. Seperti yang ditunjukkan dalam siaran pers 1 Oktober, penyelidikan sedang dilakukan dan orang-orang yang terlibat telah menjalani tindakan administratif. Pelepasan dokumen ini, yang diterbitkan oleh beberapa media, jelas telah menginjak-injak martabat orang-orang ini. Sebagai Komandan, saya juga malu dengan apa yang telah terjadi dan penderitaan yang dialami orang-orang ini. Karena alasan ini, setelah selalu mengatakan dan bersaksi bahwa saya siap untuk mengorbankan hidup saya untuk mempertahankan kehidupan Paus, dengan semangat yang sama saya telah mengambil keputusan untuk menyerahkan tugas saya agar tidak merusak dengan cara apa pun gambaran dan aktivitas Bapa Suci. Dan ini saya lakukan, dengan asumsi "tanggung jawab obyektif" yang hanya dimiliki seorang Komandan.
Paus menekankan bahwa pengunduran diri dan pelayanan dalam beberapa tahun terakhir menghormati orang Anda ". 

Seberapa pentingkah hal ini bagi Anda? 

Dalam perundingan yang saya lakukan dengan Bapa Suci pada hari-hari ini, saya selalu merasakan ayah yang telah menandai hubungan khusus yang telah saya miliki dengannya, sejak awal Kepausan, dan saya pikir saya dapat mengatakan bahwa itu jelas bagi semua. Dalam pertemuan-pertemuan ini, saya selalu merasakan penderitaan manusia dari Bapa Suci dalam keputusan bersama. Paus, di sisi lain, menyadari beberapa kesulitan pribadi yang telah saya alami selama berbulan-bulan sekarang dan juga keinginan untuk mencurahkan lebih banyak waktu untuk keluarga, istri, dan anak-anak saya. Karena itu saya sangat berterima kasih kepada Bapa Suci karena pengakuannya atas kesetiaan saya, kehormatan dan kesetiaan yang dengannya saya telah melakukan pelayanan saya, akan membantu saya menghadapi dengan tenang masa depan dan komitmen baru yang dapat saya ambil dengan kualifikasi saya, setelah pengalaman luar biasa ini.
Dua puluh tahun di Gendarmerie untuk tiga Paus. 

Bagi media, "malaikat pelindung" Paus dalam peran melindungi Bapa Suci secara pribadi. Apa yang Anda ambil secara pribadi dari pengalaman unik ini?

Saya mendapat kehormatan melayani tiga Paus. Pertama-tama, saya ingat dengan penuh emosi Santo Yohanes Paulus II yang memanggil saya untuk melayani di Vatikan dan yang saya temani sampai fase terakhir hidupnya. Saya telah menikmati dan terus menikmati penghargaan dan kasih sayang Benediktus XVI di pihak siapa saya menghadapi pertanyaan yang sangat rumit, selalu menerima penghargaan dan kepercayaannya. Kepausan Paus Fransiskus, ditandai dengan gaya kedekatannya dengan orang-orang dan gerakan spontanitasnya, adalah tantangan besar lainnya dengan momen-momen penting dan khusus. Saya ingat khususnya ziarahnya ke Lampedusa, perjalanan kerasulannya ke Brasil  dan juga ke Republik Afrika Tengah. Jika saya menutup mata, saya dapat melihat pemandangan tanpa akhir dari hampir 70 perjalanan kerasulan internasional yang telah saya ikuti, kunjungan pastoral yang tak terhitung jumlahnya ke Roma dan Italia dan banyak momen pribadi dengan ketiga Paus. Bersamaan dengan ini, saya ingin mengingat kembali bahwa, di bawah komando saya, Gendarmerie telah mengembangkan serangkaian kegiatan amal dan pelayanan kepada banyak orang yang diminta Injil dari kita. 

Pesan apa yang Anda serahkan kepada orang-orang Anda, kepada Korps Gendarmerie Vatikan, yang Anda pimpin di tahun-tahun yang sulit ini? 

Pada kesempatan pesta terakhir Korps, saya memikirkan beberapa sifat yang harus membedakan orang-orang kita: disiplin, kepatuhan, persaudaraan, amal, dan kemanusiaan. Untuk ini saya ingin menambahkan persatuan dalam kesetiaan, meskipun beberapa situasi yang dimengerti menyebabkan saya kesedihan. Seperti yang telah saya tekankan kepada Bapa Suci hari ini, Korps sehat dan terlatih dengan baik. Bersama dengan para kolaborator saya, saya selalu berusaha membentuk orang-orang yang bisa menjadi polisi baik dan, dengan bantuan berharga dari para pendeta, juga orang-orang Kristen yang baik. Saya yakin bahwa siapa pun yang mengambil alih tugas sulit ini akan menemukan tanah subur, yang sama dengan yang saya terima dari Panglima Cibin, yang sangat saya hormati. Satu pemikiran terakhir, yang penuh dengan rasa terima kasih dan cintaku, jatuh pada istriku Chiara dan anak-anakku Luca dan Laura. Mereka telah menjalani kehidupan yang penuh kepuasan tetapi juga dengan pengorbanan dan pelepasan yang besar. Penyelenggaraan Ilahi, yang saya selalu rujuk, meskipun ada saat-saat yang tidak pasti, bahkan yang pribadi, yang saya jalani sekarang, akan menunjukkan kepada kita jalan yang pastinya dari Tuhan.

Diterjemahkan oleh Hiron Ao
Sumber aslinya: VaticanNews

Comments