Profil Lengkap Capres 2024 Part 2 (Prabowo Subianto)

Prabowo Subianto adalah seorang tokoh politik Indonesia yang lahir pada tanggal 17 Oktober 1951 di Jakarta. Dia merupakan putra dari Sumitro Djojohadikusumo, seorang ekonom ternama dan mantan menteri ekonomi Indonesia.

Prabowo menghabiskan masa kecilnya di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Belanda, dan Inggris, karena ayahnya sering pindah tugas. Dia menempuh pendidikan di Akademi Militer Nasional (AMN) dan lulus pada tahun 1974. Setelah lulus, Prabowo bergabung dengan pasukan Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha), yang merupakan pasukan khusus dalam Angkatan Darat Indonesia.

Selama kariernya di militer, Prabowo terlibat dalam beberapa operasi militer penting, termasuk Operasi Seroja di Timor Timur pada tahun 1970-an dan Operasi Sapu Bersih di Aceh pada tahun 1980-an. Dia juga dikenal sebagai salah satu perwira yang memiliki karisma dan kepemimpinan yang kuat.

Pada tahun 1998, Prabowo diangkat menjadi Komandan Jenderal Kopassus, pasukan khusus Angkatan Darat Indonesia. Namun, pada saat yang sama, dia juga terlibat dalam kontroversi pelanggaran hak asasi manusia dan penahanan serta penyiksaan terhadap aktivis pro-demokrasi. Hal ini menyebabkan dia dipecat dari militer pada tahun 1998.

Setelah keluar dari militer, Prabowo mulai masuk dunia bisnis dan politik. Dia mendirikan beberapa perusahaan di bidang pertanian, energi, dan pertambangan. Pada tahun 2009, dia mencalonkan diri sebagai calon presiden dalam pemilihan umum, namun kalah dalam pemilihan tersebut.

Pada pemilihan presiden tahun 2014, Prabowo kembali mencalonkan diri sebagai calon presiden dari Partai Gerindra. Dia berhasil meraih dukungan yang cukup besar, namun kembali kalah dari Joko Widodo. Pada pemilihan presiden tahun 2019, Prabowo kembali mencalonkan diri sebagai calon presiden dan kali ini berhasil menjadi calon wakil presiden berpasangan dengan Joko Widodo, yang kemudian berhasil memenangkan pemilihan tersebut.

Meskipun memiliki latar belakang kontroversial dan sering kali menjadi sorotan media, Prabowo tetap menjadi tokoh politik yang berpengaruh di Indonesia. Dia dikenal sebagai sosok yang tegas, memiliki visi dan misi yang kuat untuk membangun Indonesia yang lebih baik, meskipun pandangannya sering kali kontroversial.

Comments