Profil Lengkap Capres 2024 Part 1 (Ganjar Pranowo)

Ganjar Pranowo adalah seorang politikus Indonesia yang lahir pada tanggal 1 November 1968 di Surakarta, Jawa Tengah. Ia merupakan anak dari pasangan Pranowo dan Siti Aminah. Ia memiliki dua saudara kandung.

Ganjar Pranowo mengawali pendidikannya di SD Negeri Tanggulangin, Surakarta, dan lulus pada tahun 1981. Kemudian, ia melanjutkan ke SMP Negeri 2 Surakarta dan lulus pada tahun 1984. Ia melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 4 Surakarta dan lulus pada tahun 1987. Setelah lulus SMA, Ganjar melanjutkan pendidikannya di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan meraih gelar sarjana ekonomi pada tahun 1993.


Karir politik Ganjar Pranowo dimulai pada tahun 1999 ketika ia terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah. Pada tahun 2004, ia terpilih kembali sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dan kemudian menjadi Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Pada tahun 2013, Ganjar Pranowo maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah dari PDIP. Ia berhasil memenangkan pemilihan gubernur dan dilantik pada tahun 2013. Pada tahun 2018, ia kembali maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah dan berhasil memenangkan pemilihan gubernur untuk kedua kalinya.


Selama menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dikenal sebagai pemimpin yang merakyat dan memiliki program-program pembangunan yang pro-rakyat. Ia juga aktif dalam penanganan bencana alam dan penanganan pandemi COVID-19 di Jawa Tengah.


Selain berkarir di bidang politik, Ganjar Pranowo juga aktif dalam organisasi-organisasi sosial dan kemasyarakatan. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Tengah, Ketua Bidang Ekonomi dan Koperasi DPD PDIP Jawa Tengah, serta anggota Komisi III DPP PDIP.


Ganjar Pranowo dikenal sebagai politikus yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan banyak dihormati oleh masyarakat. Ia juga sering dianggap sebagai salah satu calon presiden potensial dari PDIP dalam pemilihan presiden mendatang.

Baca juga: Profil Lengkap Capres 2024 Part 2 (Prabowo Subianto)

Comments